Tugas ke-10

Rencana mutu kontrak (RMK)

RENCANA MUTU KONTRAK (RMK)

Rencana Mutu Kontrak (RMK) merupakan pedoman jaminan mutu dalam pelaksanaan sebuah proyek. Dokumen ini digunakan untuk memastikan bahwa hasil akhir proyek sesuai dengan syarat-syarat teknis yang dicantumkan dan telah disepakati di dalam kontrak. Dokumen Rencana Mutu Kontrak atau RMK memang secara khusus dibuat untuk menentukan arah pengendalian proses pelaksaaan proyek sehingga didapat proyek yang berkualitas sesuai dengan harapan.

Ø Adapun Isi dari dokumen Rencana Mutu Kontrak (RMK), antara lain yaitu:

1.        Kebijakan dan sasaran mutu.

2.        Pendahuluan.

3.        Pihak yang terlibat.

4.        Struktur organisasi.

5.        Daftar induk bukti kerja.

6.     Bagan alir pelaksanaan pekerjaan berisi tentang diagram alir prosedur pekerjaan dari tahap persiapan hingga pekerjaan finishing, serta operasi dan pemeliharaan.

7.        Jadwal kegiatan berisi tentang list jadwal kegiatan proyek

8.   Daftar simak berisi list kegiatan di lapangan yang telah selesai dilaksanakan dan hasil penyesuaian dengan rencana beserta gambar kerja.

9.      Daftar dokumen, prosedur, dan instruksi kerja berisi tentang rincian daftar dokumen, prosedur, dan instruksi kerja untuk acuan pelaksanaan pekerjaan di lapangan.

10.    Kriteria penerimaan berisi penjelasan pelaksanaan pekerjaan dari awal hingga akhir.

11.    Daftar gambar kerja berisi tentang daftar dokumen yang berisi gambar kerja

12.    Daftar dokumen pendukung kontrak berisi tentang daftar dokumen pendukung RMK seperti : AASHTO dan SNI beton bertulang.

13.  Penutup, berisi tentang ucapan syukur kepada Tuhan, permohonan kritik dan saran yang membangun dari pihak kontraktor pelaksana.

Komentar


Komentar